Cara Merawat Kebersihan Vagina

Perawatan vagina sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi kaum wanita. Menjaga kebersihan vagina tidaklah sulit dan ini penting agar organ intim terbebas dari segala penyakit berbahaya.

Masalah vagina seperti keputihan seringkali membuat wanita tidak nyaman. Terlebih bagi yang sudah berpasangan, hal ini tidak bisa dianggap sepele.  Bakteri yang ada pada vagina bisa muncul bila organ intim tidak dirawat kebersihannya. Simak tips kesehatan vagina berikut ini:

  1. Cucilah vagina setiap hari, bila perlu gunakan sabun khusus.
  2. Keringkanlah selalu vagina usai mandi agar tidak lembab. Bila vagina sudah lembab, maka bakteri lebih cepat berkembang biak. Biasakan mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari.
  3. Selama menstruasi, ganti pembalut setelah 3-4 jam atau bila sudah basah. Gunakan pembalut yang higienis dan terpercaya kualitasnya.
  4. Pilihlah pakaian dalam selain yang berbahan sintetis atau poliester. Sebab bahan tersebut membutuhkan waktu lama untuk kering.
  5. Secara rutin, cukurlah rambut vagina. Jangan membiarkan terlalu lebat sebab menyebabkan vagina menjadi lembab. Ini yang menimbulkan bau tak sedap dan infeksi.
  6. Untuk makanan, jangan terlalu sering mengkonsumsi daging. Daging yang berlebihan juga bisa mendatangkan bau pada vagina. Perbanyaklah sayuran hijau dan buah segar serta air putih.

Anda juga bisa melakukan perendaman vagina. Perendaman bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan pada vagina. Anda bisa melakukannya dengan sederhana yaitu merendam bagian intim pada sebuah bak atau duduk dalam bathtub yang memungkinkan organ intim terendam dengan baik.

Isilah bak tersebut dengan rebusan daun sirih, akar wangi, serta kunyit, yang telah didinginkan. Kemudian air tersebut digunakan untuk berendam selama kurang lebih 30 menit. Langkah ini juga bisa mencegah keputihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s