Kenaikan Tarif Parkir di Jakarta, ini Tanggapan DPRD

Daftar kenaikan tarif parkir di Jakarta cukup membuat kaget masyarakat. Biaya parkir yang naik 100% pun disesalkan DPRD DKI Jakarta. Tarif baru yang berlaku tersebut memang ada yang pro juga ada yang kontra.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengeluarkan peraturan gubernur No 120 Tahun 2012 tentang biaya parkir pada penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum di luar badan jalan (off street/dalam gedung). Tarif berhak dinaikkan penyelenggara perparkiran mulai 19 September.

Tak sedikit pihak yang mengeluhkan kenaikan tarif parkir itu, termasuk dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta (DPRD DKI Jakarta). Ketua Fraksi Partai Demokrat yang juga anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Aliman Aat, mengaku bahwa sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari Dishub DKI Jakarta kepada DPRD mengenai kenaikan tarif untuk dikonsultasikan bersama.

“Dengan adanya Pergub itu, potensi naik memang ada. Akan tetapi, besaran kenaikan belum dikonsultasikan kepada kami. Seharusnya itu dikonsultasikan terlebih dahulu. Kenaikannya disetujui, tetapi besarannya tidak,” kata Aliman, selasa (9/10).

Ia juga mengatakan pelayanan harus ditingkatkan, seperti jaminan kerusakan atau kehilangan dari pengelola.

Kenaikan tarif ini mencakup 3 golongan yaitu pusat perbelanjaan dan hotel, perkantoran dan apartemen, juga pemanfaatan fasilitas parkir umum seperti pasar, rumah sakit, tempat rekreasi dan lain-lain.

  • Kendaraan sedan, jeep, minibus, pick up dan sejenisnya. Pada pergub lama tarifnya Rp 1.000-2.000 untuk satu jam pertama, dalam pergub yang baru naik jadi Rp 3.000-5.000 satu jam pertama. Sedangkan untuk jam berikutnya, untuk tarif lama Rp 1.000-2,000, sekarang naik jadi Rp 2.000-4.000 untuk setiap jam berikutnya. Kurang dari satu jam akan dihitung satu jam
  • Kendaraan bus, truk dan sejenisnya. Tarif lama Rp 2.000-3.000 satu jam pertama, pergub yang baru naik jadi Rp 6.000-7.000 untuk satu jam pertama, untuk jam berikutnya dalam tarif yang lama Rp 2.000, saat ini naik jadi Rp 3.000.
  • Kendaraan sepeda motor, dalam tarif yang lama Rp 500 per jam, sekarang naik Rp 1.000-2.000/jam.

Ketentuan tersebut dikecualikan untuk fasilitas parkir umum seperti pasar, rumah sakit, tempat rekreasi dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s