8 Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Sebentar lagi liburan panjang, apakah kalian ada rencana pulang kampung? Apakah ada yang berencana melakukan penerbangan ke medan jika kampungnya di medan?

Mungkin Anda masih ragu apakah anda dan keluarga akan pulang kampung dan melakukan penerbangan ke medan karena masalah budget.
Hal ini terjadi karena pengelolaan uang keluarga Anda kurang baik.

Semua orang ingin mengelola keuangan keluarga dengan baik untuk menjamin tersedianya uang keluarga pada saat diperlukan seperti ini.

Tapi pada kenyataannya banyak orang yang tidak mampu mengelola keuangan dengan baik meskipun memiliki pemasukan yang sangat memadai.

Untuk melakukan pengelolaan keuangan keluarga dengan baik Anda dapat mencoba menerapkan beberapa tips mengelola keuangan keluarga, diantaranya:

1.Petakan Keuangan Anda
Anda harus mengetahui berapa jumlah total uang masuk dan berapa total uang keluar setiap bulannya sehingga akan diketahui seberapa penghasilan yang layak untuk dibelanjakan dan seberapa besar penghasilan yang layak ditabung.

2.Buat Anggaran Belanja Rutin dan Rencana Anggaran Belanja Jangka Panjang
Rencana pengeluaran rutin membantu mengelola keuangan keluarga secara bulanan. Rencana pengeluaran jangka panjang membantu mempersiapkan dan dalm jumlah besar seperti renovasi rumah, biaya sekolah dan lainnya yang waktunya sudah bisa diperkirakan.

3.Cukupkan Kebutuhan Dengan Uang Anda
Penghasilan bulanan harus dapat mencukupi kebutuhan dalam satu bulan. Selalu mengutamakan kebutuhan primer dibandingkan kebutuhan sekunder ataupun tersier.

4.Maksimalkan Pendapatan
Jika penghasilan yang ada kurang memuaskan sedangkan Anda memiliki kesempatan untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan yang ada,Anda dapat memaksimalkan penghasilan Anda dengan memanfaatkan potensi yang ada dan waktu luang yang ada.

5.Menabung
Menabung adalah hal yang paling penting dalam perencanaan keuangan jangka panjang.Usahakan menabung minimal 20 persen dari penghasilan bulanan.

6.Hemat
Hemat berarti meminimalisir pengeluaran. Hanya dengan berhemat membuat orang dapat menabung dan memenuhi kebutuhan dengan berapa pun penghasilan yang diperoleh.

7.Batasi Cicilan Kredit
Kredit uang atau kredit barang harus direncanakan sebelumnya. Batasi cicilan kredit tidak lebih dari 30 persen penghasilan tiap bulan.

8.Berinvestasi
Investasi adalah bentuk tabungan berjangka. Investasi yang paling umum adalah deposito dan saham. Investasi juga dapat dilakukan dengan pembelian rumah, tanah atau emas.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s