6 Tips Menyiasati Ruang Sempit Menjadi Lebih Lega

Di zaman sekarang ini, banyak sekali para developer yang berlomba-lomba untuk mendapatkan lahan dalam membangun perumahan. Hal ini membuat lahan kosong semakin lama semakin habis dan lahan semakin terbatas.

Karena keterbatasan lahan, para developer zaman sekarang biasanya akan membangun rumah yang tipenya minimalis. Rumah tipe minimalis sekarang telah menjadi tujuan utama para pasangan yang baru saja menikah, karena selain harganya terjangkau rumah minimalis juga memiliki keindahan tersendiri.

Namun rumah minimalis, biasanya akan lebih sempit dibandingkan dengan rumah lain pada umumnya. Karena keterbatasan lahan sebagian banyak rumah sekarang memilih desain rumah minimalis yang bertujuan untuk memaksimalkan dan memanfaatkan lahan yang sempit.

Rumah minimalis otomatis akan memiliki ruangan yang sempit juga. Pemilik rumah minimalis biasanya akan berusaha semaksimal mungkin agar ruang mereka yang sempit akan terksesan menjadi ruang yang lebih lega.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menyiasati ruang yang sempit menjadi terasa lebih lega.

1.Menempatkan cermin
Dengan menempatkan cermin besar di salah satu sisi ruangan atau di belakang suatu objek atau furniture akan memantulkan sinar lampu menjadi sinar alami dan juga cermin akan membuka suatu ruangan baru. Menempatkan cermin memang dapat memberikan kesan ruang yang sempit menjadi lebih lega, namun yang harus Anda ingat adalah kebersihan cermin tetap harus dijaga, karena jika cermin tersebut kotor akan mengganggu keindahan interior rumah Anda. Jangan lupa untuk memilih kualitas cermin, karena cermin dengan mutu yang rendah akan menghasilkan bayangan yang kurang simetris.

2.Warna cat langit-langit
Warna cat langit-langit juga akan memberikan dampak luas pada ruangan Anda. Pilihlah warna cat langi-langit ruangan Anda yang sama atau satu tingkat lebih teranf dari dinding rumah Anda. Karena bila warna langit dan dinding terlalu kontras ruangan akan terlihat seperti terbelah karena mata berhenti seketika akibat perubahan warna yang drastis.

3.Lukisan besar
Anda juga dapat menempatkan sebuah lukisan besar di salah satu sisi ruangan Anda. Hal ini dapat menarik perhatian tamu yang datang ke rumah Anda. Usahakan pilih lukisan besar yang unik yang memancing rasa penasaran akan keingintahuan pada lukisan tersebut. Dengan cara ini Anda secara tidak langsung mengalihkan perhatian tamu Anda dari ruang tamu yang sempit serta akan menambah nilai estetika ruang tamu Anda.

4.Menghindari warna dinding putih
Beberapa orang berpikir bahwa warna dinding putih akan memberikan kesan luas dan lega pada rumah, tetapi hal ini bertolak belakang dengan beberapa desainer yang mengatakan bahwa justru warna putih akan memberikan kesan ruang yang sempit. Kalau penerangan ruang agak redup dan warna dinding putih akan merefleksikan bayangan sehingga ruangan akan terlihat suram dan dekil.

5.Menempatkan perabot pemantul cahaya
Bila Anda tidak suka dengan cermin besar yang berada di salah satu sisi ruangan Anda, Anda dapat menempatkan perabot yang bisa memantulkan cahaya dan obyek yang ada didepannya misalnya vas bunga yang terbuah dari bahan aluminium atau perabot yang terbuat dari stainless steel yang akan memberikan efek yang sama dengan cermin yaitu akan membuka ruang baru.

6.Menempatkan furniture yang besar
Beberapa orang beranggapan bahwa dengan memiliki furniture yang kecil akan memberikan kesan luas pada ruangan rumah Anda. Sebenarnya hal ini salah besar, karena penempatan furniture yang lebih besar akan memberikan efek lebih luas dan lega daripada menempatkan furniture kecil tapi banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s