5 Tips Memilih Pintu Kayu Sebagai Pintu Rumah

Pintu merupakan salah satu elemen yang terpenting pada sebuah rumah. Hal ini dikarenakan pintu memiliki peran sebagai sebuah penghubung serta pemisah antar ruangan yang ada di dalam rumah dan juga sebagai penghubung antara kondisi di dalam rumah dan diluar rumah. Salah satu jenis pintu yang paling diminati oleh banyak orang adalah pintu kayu.

Pemilihan pintu rumah harus diperhatikan dengan baik agar peran pintu bisa dimaksimalkan. Banyak orang yang tertipu dan hanya memilih harga pintu yang relative murah dan terjangkau padahal kualitas pintu tersebut tidak baik dan hanya akan membuat mereka mengeluarkan biaya kembali.

Jika Anda tertarik dengan menggunakan pintu kayu sebagai jenis pintu untuk rumah Anda, berikut ini ada beberapa cara memilih pintu kayu sebagai pintu rumah Anda.

1.Menentukan jenis kayu yang digunakan
Hampir smua jenis kayu keras dapat digunakan untuk membuat pintu rumah, namun dikhususkan bagi pintu rumah utama atau pintu yang berhubungan secara langsung dengan kondisi luar sebaiknya dipilih kayu yang kuat dan tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas dan hujan.

2.Tingkat kekeringan kayu
Pastikan kayu yang digunakan benar-benar kering atau hasil oven, kayu pintu yang masih basah akan membuat pintu lebih mudah melengkung. Pintu rumah yang melengkung akan sulit dibuka tutup karena posisi pintu akan berubah dan tidak pas lagi dengan kusennya.

3.Sesuaikan dengan fungsinya
Guna memaksimalkan ruangan sempit, Anda dapat menyesuaikan dengan memilih pintu sliding atau pintu geser. Hal ini bertujuan agar tidak banyak space ruang yang terpakai hanya untuk pintu.

4.Tebal pintu
Buatlah pintu dengan ketebalan 4 centimeter (disarankan) atau minimal memiliki ketebalan 3,5 centimeter. Ini bertujuan agar pintu tersebut benar-benar kuat dan aman.

5.Desain pintu kayu
Buatlah desain pintu kayu yang sesuai dengan konsep rumah, contohnya adalah jika rumahnya berkonsep minimalis maka pilih desain pintu minimalis, sebaliknya jika rumah tersebut berkonsep klasik, pilihlah pintu dengan ornament ukiran.

Ingatlah pintu selalu merupakan bagian penting dari setiap rumah atau struktur bangunan. Pintu kayu merupakan pintu yang sangat bagus untuk semua rumah. Banyak rumah yang membuat desain pintunya menjadi klasik dan elegan. Anda dapat memberikan goresan seni pada kayu tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s